Kamis, 13 Desember 2012

SIMBIOSIS

Di dunia ini antara makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup yang lain saling berhubungan. Tidak ada satupun makhluk yang dapat hidup sendiri. Hubungan antar makhluk hidup akan menumbuhkan sikap saling ketergantungan. Beberapa contoh ketergantungan antara hewan dan tumbuhan : 

1. Yang bersifat menguntungkan :
  1. Kumbang menghisap madu dari bunga, sementara bunga mendapat keuntungan karena  berhasil melakukan penyerbukan.
  2. Daun-daun tumbuhan yang jatuh ke tanah akan membusuk. Yang membantu proses pembusukan tersebut adalah cacing dan mikroba lain yang hidup dalam tanah. Dedaunan dimakan dan diuraikan oleh cacing hingga akhirnya menjadi pupuk yang mampu menyuburkan tanaman.
  3. Kambing memakan rerumputan atau tumbuh-tumbuhan. Sisa makanan kambing akan keluar berupa kotoran. Kotoran kambing dapat digunakan sebagai pupuk yang bisa menyuburkan tumbuh-tumbuhan.
2. Yang bersifat merugikan : 
        Seekor ulat yang menempel pada pohon akan memakan habis daun pohon tersebut. Akibatnya batang 
        pohon semakin hari semakin kurus hingga akhirnya mati.

         Hubungan kekerabatan yang terjadi antara sesama makhluk hidup itulah yang dinamakan Simbiosis. Contohnya antara hewan dengan hewan, antara hewan dengan tumbuhan, dan antara tumbuhan dengan tumbuhan. Selain itu, simbiosis dapat terjadi antara hewan dengan manusia dan antara manusia dengan tumbuhan. Makhluk hidup di dunia ini akan saling membutuhkan dan saling ketergantungan untuk kelangsungan hidup dan untuk perkembangbiakannya. 


Contoh hubungan ketergantungan antara manusia, hewan dan tumbuhan :
  1. Tenaga hewan dapat dimanfaatkan untuk menarik pedati atau gerobak.
  2. Itik akan bertelur. Telurnya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh manusia.
  3. Menyiram dan memberikan pupuk pada tanaman sekitar
  4. Hasil fotosintesis tumbuhan sangat diperlukan oleh manusia dan hewan
  5. Sapi perah menghasilkan susu guna memenuhi kebutuhan manusia.
  6. Membersihkan kandang ayam secara teratur agar terhindar dari penyakit
  7. Padi akan memberikan hasil yang baik dan melimpah jika manusia merawat dengan baik
  8. Ayam bertelur, kemudian telurnya bias dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan tetapi sebagian telur ayam ada yang dierami
  9. Pohon ditanam untuk menghasilkan oksigen.
  10. Memiliki peternakan ayam untuk diambil hasil dari ayam dan untuk perkembangbiakan ayam

Ketergantungan antara tumbuhan, hewan dan sinar matahari.
   
             Ketergantungan tersebut digambarkan sebagai berikut : tumbuhan membuat makanan dengan bantuan sinar matahari yang disebut fotosintesis. Proses fotosintesis akan menghasilkan karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat digunakan sendiri oleh tumbuhan,sementara oksigennya dibutuhkan oleh hewan untuk pernapasan. Pada waktu bernapas, hewan mengeluarkan gas asam arang atau karbondioksida yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk membuat makanan. Berdasarkan jenisnya, simbiosis digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu simbiosis mutualisme,simbiosis parasitisme dan simbiosis komensalisme.  
   
1   1.  Simbiosis Mutualisme 
Simbiosis mutualisme adalah hubungan kekerabatan dimana keduanya saling menguntungkan. Simbiosis mutualisme dapat terjadi antara hewan dengan hewan, antara tumbuhan dengan hewan, antara manusia dengan hewan maupun antara manusia dengan tumbuhan. Contoh-contoh simbiosis mutualisme yang terjadi antara hewan dengan hewan adalah :  
  1. Burung jalak dengan kerbau. Burung jalak memakan kutu yang ada di punggung   kerbau.Akan tetapi kerbau tidak keberatan, karena kutunya menjadi hilang. kupu-kupu dengan bunga.  
  2. Kupu-kupu dengan bunga. Kupu kupu menghisap sari-sari yang ada di bunga, namun bunga untung karena dibantu penyerbukannya.
  3. Burung jalak dengan kerbau. Burung jalak memakan kutu yang ada di punggung   kerbau.Akan tetapi kerbau tidak keberatan, karena kutunya menjadi hilang.  
  4. Buaya dan burung plover. Burung Plover dapat ditemukan di seluruh dunia, mereka berburu dengan penglihatan mereka yang tajam dan makanan utama adalah serangga, cacing atau invertebrata lainnya, tergantung pada habitat. Yang menarik dari burung plover ini ketika mereka hinggap pada mulut buaya dan buaya tersebut tetap aja anteng ketika burung plover ini masuk ke dalam mulutnya, dan bahkan hilir mudik di antara gigi-giginya. Burung ini membersihkan gigi-gigi buaya dan mencegahnya terkena infeksi, di lain pihak burung-burung lapar itu memperoleh makanannya.
  5. Zebra dan burung oxpecker.Oxpeckers adalah endemik ke savana Sub-Sahara Afrika. Nama tersebut timbul dari kebiasaan mereka bertengger di mamalia besar (baik liar dan peliharaan) seperti sapi atau badak, dan makan kutu, botfly larva, dan parasit lainnya. Burung oxpecker ini juga memberikan tanda peringatan jika ada predator mendekat dengan jeritan saat dia terbang. Seperti kita ketahui sosok zebra lebih rentan daripada mamalia besar lainnya untuk menjadi mangsa predator. Meskipun demikian, kadang-kadang perilaku burung ini juga tidak sesuai dengan yang diharapkan tuannya - mereka diduga juga kadang-kadang menggigit luka terbuka di punggung zebra untuk menarik perhatian lebih banyak parasit untuk dijadikan makanannya.
  6. Semut dengan pohon akasia.Semut-semut mendapatkan Makanan mereka dari Bagian Pohon Akasia yang berbentuk Puting yang mengandung Nektar (Madu Tanaman) dan mereka (Bangsa Semut Akasia) menggunakan Rongga-Rongga di Ranting-Ranting Pohon Akasia sebagai Sarang mereka.  Sebagai Balas Budi atas Kebaikan si Pohon Akasia,mereka (Semut Akasia),berusaha menghalau semua Kumbang,Burung dan semua Binatang yang akan menganggu Pohon Akasia.  
  7. Mikoriza adalah simbiosis mutualisme antara jamur dengan akar tanaman. Beberapa jamur dari golongan Zygomycota, Ascomycota atau Basidiomycota bersimbiosis dengan akar tumbuh-tumbuhan misalnya akar tanaman Pinus dan tanaman Melinjo. Keuntungan jamur dan tanaman pada simbiosis ini adalah :Jamur mendapatkan  makanan berupa zat organik dari hasil fotosintesis tanaman. Tanaman melalui akarnya mendapatkan air dan mineral dari jamur.Jamur dengan ganggang. Jamur golongan Ascomycota atau Basidiomycota. Sedangkan ganggang yang bersimbiosis tersebut adalah ganggang hijau (Chlorophyta) bersel satu atau ganggang hijau-biru (Cyanophyta) bersel satu. Keuntungan jamur dan ganggang dalam simbiosis ini adalah jamur mendapatkan makanan dari hasil fotosintesis ganggang. sedangkan ganggang mendapatkan air dan mineral tanah dari jamur.
    2. Simbiosis Komensalisme 

          Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup dimana yang satu mendapat  
          keuntungan, sedangkan yang lain tidak dirugikan. Contoh simbiosis komensalisme adalah :
  • Tumbuhan anggrek dengan pepohonan di hutan. Anggrek beruntung karena memperoleh cahaya matahari yang cukup, sementara pohon-pohon yang ditumpanginya tidak dirugikan karena anggrek tidak mengambil makanan dari pohon tersebut.
  • Tanaman paku dengan pohon yang ditumpanginya
  • Anggrek dengan pohon mangga
  • Ikan badut dengan anemon laut

    3.      Simbiosis Parasitisme

    Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup dimana yang satu mendapat keuntungan sementara yang lain mendapat kerugian. Contoh simbiosis parasitisme adalah :
  • Benalu dengan pohon mangga. Benalu dapat tumbuh subur Karena menghisap makanan dari pohon mangga yang ditumpanginya. Karena makanan pohon mangga diambil benalu maka pohon mangga menjadi kurus dan lambat laun akan mati.
  • Bunga arnoldi raflesia dengan tumbuhan yang ditumpangi
  • Raflesia arnoldi dengan pohon

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar